Kamis, 13 Oktober 2011

RPP Tematik Kelas I Semester 2 - Kebersihan


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Kebersihan ( 2 )
Kelas 1 Semester 2
Alokasi waktu 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                                       :  Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah.
2.  IPS                                        :  Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                             :  Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya              
                                                      dalam kehidupan sehari-hari.
4.  Matematika                          :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 
                                                      sampai dengan dua angka dalam  pemecahan
                                                      masalah.
5.  Bahasa Indonesia                  :
·       Mendengarkan   :  Memahami wacana lisan tentang benda-benda di
sekitar dan dongeng.
·       Berbicara           :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi
secara  lisan dengan gambar, percakapan  sederhana        
dan dongeng.
·       Membaca           :   Memahami  teks pendek dengan membaca lancar
dan   membaca puisi anak.
·       Menulis              :   Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung 
 melalui dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan :  Mengapresiasi karya seni  musik.
                                                      
7.  Basa Sunda                                 :  
·       Mampu menyimak ( ngaregepkeun ) memahami serta menanggapi berbagai bunyi bahasa (sora basa ) , dongeng dan perintah ( parentah ) sederhana. 
·       Mampu mengungkapkan fikiran perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman)  permintaan ijin, perkenalan ( ngawanohkeun ) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar berita.
·       Mampu  membaca, memahami dan menanggapi berbagai bentuk  dan   jenis wacana tulis ( teka ) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas, serta wacana pendek
 
Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·       Menceritakan  kembali peristiwa   penting.

2. IPA :
·       Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.
·       Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )

3.     PKN :
    • Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah.
4.  Matematika :
    • Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
    • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5.  Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·        Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·        Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·        Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
 Membaca
·        Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·        Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·        Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·        Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.

6.     Seni Budaya dan Keterampilan :
·        Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam

7.     Basa Sunda :
                  Menyimak
·        Menyimak perintah sederhana
Berbicara
·        Menyebutkan berbagai gambar jenis  benda
Membaca
·        Membaca kalimat lepas tiga kata

Indikator  :
1.     IPS :
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain.

2.     IPA :
·        Memperagakan cara menggerakkan benda
·        Menyebutkan bentuk gerak.
·        Menjelaskan penyebab gerak.
·        Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak.

3.     PKN :
·        Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
·        Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
·        Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
·        Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan.
4.     Matematika :
·        Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
·        Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
·        Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
·        Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
·        Penjumlahan secara bersusun panjang.

5.     Bahasa Indonesia :
·        Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·        Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·        Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·        Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·        Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·        Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·        Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·        Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·        Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
·        Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Memb
·        kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·        Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.

6.     Seni Budaya dan Keterampilan. :
·        Menentukan sumber bunyi.
·        Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·        Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.

7.   Basa Sunda   :
·       Menyimak perintah sederhana.
·       Memperagakan perintah sederhana.
·       Menanggapi peragaan siswa lain.
·       Melakukan Tanya jawab tentang perintah yang dilaksanakan.
·       Menyebutkan nama perkakas/alat dan fungsinya.
·       Membaca kalimat lepas tiga kata dengan suara nyaring.
·        Membaca kalimat lepas dengan  intonasi dan lafal yang baik.



I.  Tujuan Pembelajaran  :
                  Sisawa dapat  :
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain
·        Memperagakan cara menggerakkan benda
·        Menyebutkan bentuk gerak.
·        Menjelaskan penyebab gerak.
·        Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak
·        Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
·        Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
·        Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
·        Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan
·        Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
·        Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
·        Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
·        Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
·        Penjumlahan secara bersusun panjang.
·        Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·        Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·        Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·        Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·        Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·        Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·        Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·        Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·        Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
·        Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·        Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimik yang sesuai.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·        Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain
·        Menentukan sumber bunyi.
·        Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·        Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.
·       Menyimak perintah sederhana.
·       Memperagakan perintah sederhana.
·       Menanggapi peragaan siswa lain.
·       Melakukan Tanya jawab tentang perintah yang dilaksanakan.
·       Menyebutkan nama perkakas/alat dan fungsinya.
·       Membaca kalimat lepas tiga kata dengan suara nyaring.
·       Membaca kalimat lepas dengan  intonasi dan lafal yang baik

II.      Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·       Hak anak di rumah dan disekolah.
·       Peristiwa yang pernah dialami
·       Energi dan perubahannya
·       Oprasi hitung bilangan.
·       Gambar tunggal atau gambar seri.
·       Dongeng.
·       Menyampaikan rasa suka atau tidak suka
·       Membaca lancar
·       Membaca puisi anak
·       Menulis huruf sambung.
·       Menyalin puisi
·       Unsur-unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik.
·       Ngaregepkeun jeung ngalakukeun
·       Ngaran pakakas
·       Maca bedas

III.     Metoda Pembelajaran :
·       Ceramah
·       Diskusi.
·       Tanya jawab.
·       Demontrasi.
·       Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :

A.  Kegiatan awal :
·       Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·       Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·       Mengumpulkan tugas/ PR
·       Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah lalu.

B. Kegiatan inti   :
      Minggu I
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·       Atas permintaan guru siswa memberikan contoh yang biasa dilakukan  ketika menyampaikan keinginan kepada orang tua.
·       Memberikan tanggapan dan penilaian pada setiap tampilan siswa.
·       Memberi pujian dan penguatan kepada siswa yang menyampaikan keinginannya dengan cara dan bahasa yang sopan.
·       Menjelaskan alasan mengapa ketika meminta/ menyampaikan keinginan tersebut harus dilakukan dengan cara dan bahasa yang sopan.
·       Siswa memperagakan sesuai dengan cara dan bahasa yang sopan.
·       Melalui peragaan siswa dapat memeperagaakan cara menggerakkan benda.
·       Setelah dapat memperagakan ,siswa mengambil kesimpulan bentuk benda mempengaruhi mudah dan sulitnya benda bergerak.
·       Menyebutkan bermacam bentuk benda ( benda yang besar, kecil, segi tiga, kerucut, bola, kubus, tak beraturan, tabung)
·       Menjelaskan bahwa benda yang berbentuk bola lebih mudah bergerak dibandingkan bentuk lain.
·       Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 24 + 12 )
·       Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
·       Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
·       Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
·       Mengerjakan soal-soal latihan.

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·       Mengamati benda/ model yang ditunjukkan oleh guru.
·       Menyimak contoh deskripsi yang disampaikan guru  dari benda tersebut.
·       Meniru/ mengulang deskripsi yang sesuai dengan deskripsai guru.
·       Menyimak deskripsi yang disampaikan guru, siswa menyebutkan nama benda yang sesuai dengan namanya.
·       Mencari benda lain dan mendeskripsikannya dengan bimbingan guru.
·       Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
·       Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.
·       Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar.
·       Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 32 + 15 )
·       Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
·       Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan satuan dan satuan.
·       Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
·       Mengerjakan soal-soal latihan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
·       Menyimak dongeng yang disampaikan guru.
·       Menyebutkan tokoh dalam dongeng tersebut.
·       Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng tersebut di depan kelas.
·       Memberi tanggapan positif terhadap penampilan siswa.
·       Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 31 + 17)
·       Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
·       Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
·       Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
·       Mengerjakan soal-soal latihan.
·       Dari peragaan menggerakkan benda, siswa menjelaskan bentuk gerak benda.
·       Melalui peragaan langsung siswa dapat  menyebutkan bahwa benda dapat bergerak bila  didorong, ditendang, ditarik,  ada yang bergerak ke depan, ke samping, ke belakang dan ada pula yang bergerak berputar.
·       Setelah melakukan peragaan siswa mengerjakan LKS.

Pertemuan ke empat  2 x 35 mnt.( Bahasa Indonesia, Matematika, B.Sunda )
·       Mengingat kembali dongeng yang disampaikan guru dengan menyampaikan ringkasannya.
·       Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng .
·       Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng yang telah didengarkan.
·       Menceritakan isi dongeng dengan bahasa yang dimengerti.dengan menggunakan kalimat sendiri.
·       Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 14 + 32 )
·       Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
·       Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
·       Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
·       Mengerjakan soal-soal latihan.
·       Memperhatikan kalimat yang berisikan perintah sederhana.
·       Menyimak kalimat perintah sederhana yang disampaikan guru.
·       Meragakan sesuai dengan perintah yang disampaikan guru.
·       Memberikan pujian/penghargaan terhadap penampilan siswa.

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·       Memperhatikan kalimat yang berisikan perintah sederhana.
·       Menyimak kalimat perintah sederhana yang disampaikan guru.
·       Meragakan sesuai dengan perintah yang disampaikan guru.
·       Memberikan pujian/penghargaan terhadap penampilan siswa
·       Melakukan tanya jawab tentang peran/ perintah yang diperagakan.
·       Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 25 + 11 )
·       Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
·       Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
·       Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
·       Mengerjakan soal-soal latihan
·       Melalui cerita guru tentang hal yang disukai dan hal yang tidak disukai, siswa termotivasi untuk menyampaikan pengalamannya.
·       Siswa menyampaikan hal yang disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.
·       Siswa menyampaikan hal yang tidak disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.
·       Menuliskan kesukaan dan ketidak sukaan pada suatu kegiatan pada Lembar Kerja secara individual.
      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa     
      Indonesia)
·       Diawali cerita guru tentang masa kecil atau tentang peristiwa yang berkesan, siswa termotivasi untuk menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya.
·       Secara bergilir untuk anak yang mempunyai keberanian , menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan kepada teman-temannya.
·       Siswa lain memberi tanggapan terhadap penampilan temannya.
·       Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi alam dan non alam.
·       Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi.
·       Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dll.
·       Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
·       Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang ada di sekitar siswa.
·       Mengingat kembali hal yang disukai dan yang tidak disukai.
·       Menyampaikan alasan mengapa benda / kegiatan tersebut disukai.
·       Menyampaikan alasan mengapa suatu benda/ kegiatan tidak disukai.
·       Membuat kesimpulan bersama – sama, bahwa setiap manusia mempunyai rasa suka atau tidak suka yang tidak sama.

 Minggu I
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa mengingat kembali pengalaman bermain yang mengesankan sebagai bukti hak anak telah dirasakan.
·       Siswa menceritakan pengalaman bermain bersama teman, adik atau anggota keluarga yang lain.
·       Dengan bimbingan guru siswa mengambil kesimpulan dari setiap pengalaman bermain tersebut sebagai ilmu pengetahuan.
·       Memberikan penghargaan bagi siswa yang baik dalam menyampaikan ceritanya.
·       Melalui pengamatan pada model  dan demontrasi siswa dapat menemukan fakta bahwa benda dapat bergerak karena diberi tenaga disebut juga energi.
·       Memberikan beberapa contoh benda yang bergerak karena diberi energi ( gerobak dapat bergerak karena diberi energi melalui dorongan tangan, mobil bergerak karena menggunakan bensin bola masuk gawang  melalui energi tendangan kaki).
·       Setelah menyebutkan penyebab dari benda bergerak ( ada energi ) siswa dapat menemukan fakta sumber energi dari taip benda bergerak ( makanan sumber energi manusia, bensin sumber energi bagi kendaraan, batu batre sumber energi bagi mobil-mobilan, listrik sumber energi bagi TV radio lemari es dll.)
·       Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    23
                                                  23 +
·       Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
·       Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
·       Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
·       Mengerjakan soal-soal latihan.
      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·       Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
·       Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
·       Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.
·       Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek.
·       Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
·       Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
·       Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
·       Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
·       Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    15
                                                  22 +
·       Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
·       Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
·       Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
·       Mengerjakan soal-soal latihan

Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
·       Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
·       Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
·       Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.
·       Membaca dengan memperhatikan tempat jeda panjang .
·       Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar