Kamis, 13 Oktober 2011

RPP Tematik Kelas I Semester 2 - Tempat Umum


Tema : Tempat Umum ( 6 )
Kelas  2 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn                                    
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS                                     
·       Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA                                     
·      Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika                       
·       Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia               

Mendengarkan                 
·       Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                         
·       Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                         
·       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                            
·        Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Musik                 :   Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
  • Keterampilan              :  Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan.
7.  Bahasa Sunda                   
  • Mampu mengungkapkan fikiran, perasaan, dan keinginan, secara lisan, tentang bertamu ke  rumah teman, mengajak teman, berjanji dengan teman, memperkenalkan orang lain, serta mengundang teman.

  • Mampu menulis, mengungkapkan fikiran , perasaan, dan keinginan, secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis karangan ( tulisan ) dengan menulis kalimat berhuruf capital ( aksara gede), wacana pendek, kalimat sederhana dan menyempurnakan kalimat dengan menggunakan tanda koma dan tanda titik.

Kompetensi Dasar  :

1.   PKn
·       Melaksanakan hidup rukun saling berbagi  dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
2.   IPS
  • Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.



.3.   IPA
·       Mengidentifikasi  berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air, tanah, dan tempat lainnya )
·       Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan

4.   Matematika
·       Menggunakan alat   ukur berat
·       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda

5.     Bahasa Indonesia
·       Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·       Mendeskripsikan isi puisi
·       Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·       Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
·       Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·       Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·       Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik.

6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau  tanpa iringan sederhana.
·       Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
·       Membuat cat pewarna dari bahan alam.
7.    Basa Sunda
·       Bertamu ke rumah teman ( namu ka bumi rerencangan )
  • Menulis kalimat sederhana ( basajan)
Indikator  :

1.     PKn :
·       Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah .
·       Melaksanakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·       Menceritakan manfaat hidup tolong menolong.
2.   IPS :
·       Menceritakan pengalaman penting  yang  menyenangkan di sekolah.
·       Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
3.   IPA  :
·       Mengidentifikasi tempat hidup hewan
·       Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan.
·       Mengelompokkan hewan yang hidup di air.
·       Mengelompokkan hewan  yang hidup di darat
·       Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon
  • Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah
  • Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air
  • Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat
  • Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
  • Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah
·       Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
4.    Matematika  :
·       Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·       Menimbang benda dengan kedua tangan.
·       Menimbang benda dengan timbangan dari kayu.
·       Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·       Mengukur berat benda dengan timbangan yang baku
·       Mengukur berat benda dengan satuan baku.
·       Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
·       Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·       Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.
5.   Bahasa Indonesia  :
·       Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·        Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·       Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·       Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·       Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri
·       Menjelaskan isi puisi
·       Memperagakan percakapan
·       Menjawab pertanyaan isi percakapan.
·       Membuat percakapan
·       Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang tepat.
·       Membaca teks dengan bersuara.
·       Mengajukan pertanyaan bacaan,
·       Menceritakan kembali isi bacaan.
·       Membaca puisi
·       menceritakan isi puisi..
·       Menyususn kalimat menjadi cerita
·       Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
6    Seni Budaya dan Keterampilan  :
·       Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
·       Menyanyikan lagu wajib dengan iringan  alat musik ritmis.
·       Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik
·       Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·       Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glissando.
·       Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·       Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam.
7.   Basa Sunda    :
·       Milih sarta ngucapkeun salam ti semah ka pribumi kalayan ngagunakeun lentong nu hade.
·       Molahkeun gunaman  ngagunakeun kalimah nu sopan
·       Nepikeun pamaksudan nyemah kalawan ngagunakeun kalimah anu hade.
·       Nulis kalimah ngagunakeun aksara ajeg-nyambung
·       Nulis kalimah ngagunakeun wangun aksara nu jelas ( babari dibaca)
·       Nulis kalimah nu rapih heunteu salah nulis

I.    Tujuan Pembelajaran  :

                        Siswa dapat  :

·       Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah .
·       Melaksanakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·       Menceritakan manfaat hidup tolong menolong.
·       Menceritakan pengalaman penting  yang  menyenangkan di sekolah.
·       Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
·       Mengidentifikasi tempat hidup hewan
·       Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan.
·       Mengelompokkan hewan yang hidup di air.
·       Mengelompokkan hewan  yang hidup di darat
·       Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon
  • Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah
  • Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air
  • Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat
  • Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
  • Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah
·       Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
·       Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·       Menimbang benda dengan kedua tangan.
·       Menimbang benda dengan timbangan dari kayu.
·       Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·       Mengukur berat benda dengan timbangan yang baku
·       Mengukur berat benda dengan satuan baku.
·       Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
·       Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·       Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.
·       Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·        Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·       Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·       Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·       Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri
·       Menjelaskan isi puisi
·       Memperagakan percakapan
·       Menjawab pertanyaan isi percakapan.
·       Membuat percakapan
·       Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang tepat.
·       Membaca teks dengan bersuara.
·       Mengajukan pertanyaan bacaan,
·       Menceritakan kembali isi bacaan.
·       Membaca puisi
·       menceritakan isi puisi..
·       Menyususn kalimat menjadi cerita
·       Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·       Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
·       Menyanyikan lagu wajib dengan iringan  alat musik ritmis.
·       Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik
·       Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·       Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glissando.
·       Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·       Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam.
·       Milih sarta ngucapkeun salam ti semah ka pribumi kalayan ngagunakeun lentong nu hade.
·       Molahkeun gunaman  ngagunakeun kalimah nu sopan
·       Nepikeun pamaksudan nyemah kalawan ngagunakeun kalimah anu hade.
·       Nulis kalimah ngagunakeun aksara ajeg-nyambung
·       Nulis kalimah ngagunakeun wangun aksara nu jelas ( babari dibaca)
·       Nulis kalimah nu rapih heunteu salah nulis
II.      Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :

·       Hidup gotong royong.
·       Dokumen pribadi dan keluarga
·       Peristiwa penting.
·       Manfaat dokumen.
·       Bagian utama tumbuhan dan hewan
·       Sifat benda
·       Perubahan wujud benda
·       Alat ukur panjang tidak baku dan baku.
·       Mendengarkan teks pendek.
·       Puisi
·       Membaca bersuara
·       Melengkapi kalimat.
·       Menulis pengalaman
·       Menulis kalimat dengan huruf indah
·       Seni musik
·       Menyanyikan lagu
·       Pembuatan cat.
·       Nyarita
·       Nulis ku aksara ajeg nyambung.

III.     Metoda Pembelajaran :
·       Ceramah
·       Diskusi.
·       Tanya jawab.
·       Demontrasi.
·       Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :

A.  Kegiatan awal :
·       Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·       Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·       Mengumpulkan tugas/ PR


B. Kegiatan inti   :

Minggu ke 1

      Pertemuan pertama  :  3  x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia, B. Sunda )

·       Siswa mendengarkan dan menyimak sebuah cerita yang dibacakan guru , kemudian menyalinnya ke dalam stulisan apa yang didengarnya.

·       Melalui penjelasan guru tentang membandingkan berat benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, dan sama berat diharapkan siswa dapat memperagakannya dengah benar.

·       Menjelaskan tentang cara memilih bahasa yang baik ketika bertamu ke rumah teman.

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia, IPS)

·       Menyelesaikan soal tentang perbandingan berat benda lebih ringan lebih berat.

·       Setelah menyimak bacaan guru, siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.

·       Dengan penjelasan guru tentang peristiwa penting yang pernah dialami seseorang baik itu menyenangkan maupun tidak menyenangkan, diharapkan siswa dapat menceritakan pengalamannya sendiri  yang menyenangkan di sekolah.

Peretemuan ke tiga  3  x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia, B. Sunda )

·       Siswa dapat mempraktekkan cara menimbang benda dengan kedua tangan

·       Setelah mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali dengan bahansa sendiri.

·       Memperagakan percakapan dengan menggunakan kalimat yang baik.


      Pertemuan ke empat  3 x 35 menit ( B.Indonesia ,PKn , IPA )

·       Melalui penjelasan guru tentang lingkungan alam siswa dapat menyebutkan contoh lingkungan alam siswa dapat menyebutkan contoh l;ingkungan alam seperti : pegunungan, lautan, sungai, dsb.

·       Memperagakan pembacaan puisi di depan kelas.
·       Menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang dibaca.

·       Melalui penjelasan guru tentang tempat hidup makhluk hidup diharapkan siswa dapat mengidentifikasi tempat hidup hewan dan tumbuhan.

      Pertemuan ke lima   3  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, Matematika )

  • Menyimak , menafsirkan, dan menjelasakna isi puisi yang dibacakan oleh teman.
  • Melalui penjelasan guru, diharapkan siswa dapat memberikan tanggapan positif terhadap cerita yang disampaikan teman.
  • Menjelaskan cara  penimbangan dengan menggunakan dua tangan dan timbangan kayu.

    Pertemuan ke enam   4  x 35 menit  (Matematika , IPS, SBK )

·       Mengerjaakan soal yang berhubungan dengan penimbangan.
·       Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menngelompokkan hewan yang hidup di air.
·       Melalui contoh yang dinyanyikan guru siswa dapat menyanyikan lagu dengan syair yang benar serta diiringi alat musik ritmis.

Minggu ke 2

    Pertemuan pertama  3  x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia, B. Sunda ))

·       Menjelaskan cara menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku dan timbangan yang baku.
·       Siswa mempraktekannya  delam mengerjakan soal.
·       Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang baik dan tepat.
·       Melalui penjelasan guru tentang cara menyampaikan maksud bertamu dengan mengguankan kalimat yang sopan.

      Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (, Matematika, B. Indonesia, IPS )

·       Mempraktekkan cara menimbang benda mengguankan timbangan tidak baku.
·       Menjelaskan isi puisi dan menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri.
·       Melalui penugasan siswa dapat menceritakan pengalaman penting yang tidak menyenangkan di sekolah.



    Pertemuan ke tiga    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia,  B. Sunda )

·       Melalui penjelasan guru  tentang cara mengukur berat benda diharapkan siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan tak baku  kg, ons.
·       Melakukan percakapan dengan teman sebangku.
·       Menjelaskan tentang penulisan dengan mengguanakn huruf kapital.

     Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  ( PKn,  B. Indonesia, IPA )

·       Menjelaskan tentang tolong menolong sesama teman atau sesama manusia yang membutuhkan dengan cara mengadakan bakti sosial.
·       Siswa membuat percakapan yangbberisikan pertanyaan dan jawaban
·       Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat mengelompokkan hewan yang hidup di darat dan di laut/air.

     Pertemuan ke lima    3  x 35 menit  ( B. Indonesia,  IPS, Matematika  )

·       Menulis puisi kemudian dideklamasikan di depan kelas dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
·       Setelah mnceritakan pengalaman siswa yang lain menanggapi baik positif maupun negatif terhadap pengalaman temannya.
·       Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan baku dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Pertemuan ke enam   4  x 35 menit ( Matematika, IPA , SBK )

·       Menjawab soal yang berhubungan dengan berat benda.

·       Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat mengelompokkan hewan yang hidup di dua alam.
·       Mengelompokkan tumbuhan yang yang hidup di darat, air, tumbuh pada tumbuhan lain.

·       Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menampilkan hasil peragaan dinamik .
·       Menunjukkan panjang pendek nada pada akhir lagu.


Minggu ke 3

Pertemuan pertama    3  x 35 menit ( Matematika, B. Sunda  )

·       Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
·       Membaca teks dengan suara lantang dengan kecepatan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
·       Menyusun kalimat sedrhana menggunakan kata yang telah ditentukan.




Pertemuan ke dua    3  x 35 menit ( IPS, B. Indonesia, Matematika  )

·       Setelah mendengarkan  pengalaman teman / cerita pengalaman teman , siswa dapat memberikan pesan dan saran untuk teman yang mempunyai cerita yang tidak menyengankan

·       Membaca puisi dengan ekspresi yang tepat .
·       Dilanjutkan dengan menceritakan isi puisi.

·       Menjelaskan alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.

Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit (Matematika,B. Indonesia,  B. Sunda )

·       Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyelesaikan soal mengenai alat ukur berat sesuai dengan benda yang diukur.

·       Menyusun kalimat menjadi cerita yang baik dengan bantuan gambar.
·       Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.

Pertemuan ke empat    3  x 35 menit (PKn, B. Indonesia, IPA  )

·       Dengan mengadakan kegiatan  bakti sosial secara langsung siswa dapat menceritakan manfaat hidup tolong menolong .

·       Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan tidak lupa huruf kapital pada awal kalimat .

·       Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah.

Pertemuan ke lima    3  x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika )

·       Siswa dapat menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan tanda baca.

·       Dengan penjelasan gurudiharapkan siswa dapat memberikan saran untuk teman yang mempunyia cerita tidak menyenangkan.

·       Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.

Pertemuan ke enam    4  x 35 menit (Matematika, IPA,  SBK  )

·       Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan perbandingan dan berat benda.
·       Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan benda padat yang ada disepanjang jalan.
·       Melalui penjelasan guru kemudian dipraktekkan secara langsung untuk mengatur komposisi bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam
·       Mendemontrasikan cara pembuatab cat warna dari bahan alam.

C. Kegiatan akhir
·       Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·       Mengerjakan post tes
·       Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar

  • Buku Sumber :
    1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Erlangga
    2. Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Erlangga
    3. Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
    4. Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Erlangga.
    5. Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Erlangga
    6. Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Grafindo.
    7. Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Geger Sunten.

·       Alat Peraga  :
1.     Alat ukur ( meteran, mistar )
2.     Gambar  tanaman dan binatang
3.     Foto peristiwa penting, ( menyenangkan, tidak menyenangkan ).
4.     Bahan cat alami

VI. Penilaian
Teknik  Tes  :
·       Tes lisan.
1.     Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2.     Ketepatan jawaban.
3.     Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·       Tes tertulis
1.     pilihan ganda
2.     isian.
·       Tes perbuatan.

Bentuk Tes :
1.     Objektif tes
2.     Non Objektif tes
Instrument Tes :
·       LKS
·       Lmbar observasi.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar