Kamis, 13 Oktober 2011

RPP Tematik Kelas I Semester 2 - Budi Pekerti


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Budi Pekerti  ( 7 )
Kelas 1 Semester 2
Alokasi waktu 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                              :     Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di
                                                sekolah.
2.  IPS                               :     Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                    :     Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa
                                                alam ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya 
                                                terhadap kegiatan manusia.
4.  Matematika                 :     Mengenal bangun datar sederhana.
5.  Bahasa Indonesia         :
·       Mendengarkan  :  Memahami wacana lisan tentang benda-benda di
                                                     sekitar dan dongeng.
·       Berbicara         :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi
                                                     secara lisan dengan gambar, percakapan  sederhana dan
                                                     dongeng.
·       Membaca        :   Memahami  teks pendek dengan membaca lancar  dan 
                                                     membaca puisi anak.
·       Menulis            :   Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
                                                     melalui dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan  : Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari.        
7.   Basa Sunda                           : 
·       Mampu mengungkapkan fikiran perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman)  permintaan ijin, perkenalan ( ngawanohkeun ) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar berita
·       Mampu menulis, mengungkapkan fikiran perasaan dan keinginan , secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf lepas, suku kata ( engang) dan kalimat sederhana.

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·       Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah

2. IPA :
·       Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia.

3.  PKN :
·       Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

4.  Matematika :
·       Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.
·       Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.

5.  Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·        Menyebutkan isi    dongeng
Berbicara
·       Menceritakan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·       Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·       Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
·       Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·        Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan  intonasi yang tepat.
Menulis
·        Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
6.     Seni Budaya dan Keterampilan :
·       Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·       Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.

7.     Basa Sunda :
Nyarita
·       Mengemukakan permohonan izin.
Nulis
·       Menulis kata trisuku

Indikator  :
1.      IPS :
·       Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·       Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.

2.     IPA :
·       Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·       Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
·       Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·       Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..

3.     PKn :
·       Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·        Menjelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.

4.     Matematika :
·       Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·       Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·       Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·        Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.

5.     Bahasa Indonesia :
·       Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·       Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·       Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·       Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·       Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·       Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·       Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·       Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·       Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan.
·       Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·       Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·       Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·       Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·        Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·       Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·       Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·       Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.

6.     Seni Budaya dan Keterampilan. :
·       Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
·       Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·       Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·       Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·       Memperagakan tarian pendek secara kelompok.

7.   Basa Sunda  
·       Mengucapkan permohonan izin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Memperagakan permohonan izin di depan siswa lain.
·       Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·       Menuliskan kata  yang didiktekan guru .
·       Melengkapi kalimat berdasarkan gambar.
·        Menyalin dengan tulisan tegak bersambung. ( ajeg – nyambung )

I.   Tujuan Pembelajaran  :
                        Siswa dapat  :
·       Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·       Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
·       Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·       Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
·       Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·       Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
·       Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·       Menjelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
·       Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·       Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·       Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·       Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
·       Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·       Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·       Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·       Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·       Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·       Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·       Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·       Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·       Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan.
·       Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·       Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·       Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·       Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·        Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·       Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·       Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·       Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·       Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
·       Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·       Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·       Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·       Memperagakan tarian pendek secara kelompok.
·       Menyampaikan permohonan secara lisan.
·       Memperaragakan cara meminta ijin
·       Menuliskan kalimat dari buku.
·       Menuliskan kalimat sederhana  dengan cara dikte

II.      Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·       Aturan yang berlaku di masyarakat
·       Menjaga kebersihan rumah.
·       Pengaruh musim pada kegiatan manusia.
·       Mengenal bangun datar.
·       Memerankan tokoh dongeng
·       Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·       Percakapan.
·       Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan.
·       Membaca lancar
·       Menulis huruf tegak bersambung.
·       Unsur gerak tari.
·       Keragaman unsur gerak tari.
·       Mengemukakan izin secara lisan
·       Menulis kalimat sederhana.

III.     Metoda Pembelajaran :
·       Ceramah
·       Diskusi.
·       Tanya jawab.
·       Demontrasi.
·       Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
·       Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·       Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·       Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·       Memperhatikan gambar yang menunjukkan musim hujan dan musim kemarau.
·       Menyimak penjelasan guru tentang pengaruh musim bagi kehidupan manusia.
·       Menjelaskan pengaruh musim pada kehidupan manusia.
·       Memperhatikan model / gambar macam-macam pakaian yang biasa digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.
·       Menunjukkan jenis-jenis pakaian yang sesuai pada musim hujan dan musim kemarau.
·       Melalui cerita dan pengalaman siswa menceritakan tentang salah satu  peraturan yang berlaku di rumahnya masing-masing.
·       Siswa menceritakan perasaannya ketika menjalankan peraturan tersebut.
·       Menuliskan contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga.
·       Mengamati model  yang termasuk bangun datar.
·       Mengenalkan bangun datar segitiga dan bukan segitiga.
·       Mengelompokkan model yang termasuk segi tiga dan bukan segitiga.
·       Menjiplak bangun datar segitiga pada buku yang telah disediakan.
     
      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·       Menyimak dongeng yang bertemakan sopan santun.
·       Menyebutkan tokoh dalam dongeng.
·       Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·       Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.
·       Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
·       Menyebutkan bagian –bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
·       Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
·       Mengamati gambar –gambar yang termasuk bangun datar.
·       Mengenalkan bangun datar segiempat dan bukan segi empat.
·       Menunjukkan bangun datar segiempat dan bukan segiempat.
·       Menjiplak bangun datar segiempat pada buku yang telah disediakan.

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
·       Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan contoh-contoh makanan yang banyak dikonsumsi pada musim hujan.
·       Menceritakan rasa makanan tersebut bila dikonsumsi pada musim yang berbeda.
·       Menuliskan contoh-contoh makanan yang baik dikonsumsi pada saat musim hujan.
·       Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali  tokoh dan jalan ceritanya.
·       Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
·       Menceritakan isi  dongeng dengan bahasa sendiri.
·       Mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar lingkaran.
·       Mengenalkan bangun datar lingkran dan bukan lingkaran.
·       Menunjukkan bangun datar lingkaran dan bukan lingkaran.
·       Membuat/menjiplak dari gambar lingkaran pada buku.

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  (B. Sunda, B Indonesia, Matematika )
·       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Bu, permios bade ka jamban, dll)
·       Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
·       Memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas.
·       Mendengarkan kembali isi dongeng untuk mengingatkan kembali.
·       Menceritakan dengan  kalimat sendiri.
·       Melakukan tanya jawab tentang isi dongeng tersebut.
·       Mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar
·       Mengelompokkan bangun datar tersebut berdasarkan bentuknya. ( Segitiga, segiempat, dan lingkaran )
·       Mewarnai tiap kelompok bangun datar dengan warna yang berbeda.

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( B.Sunda, Matematika, B.Indonesia)
·       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Pa, permios wangsul ti payun abdi rieut, dll)
·       Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
·       Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas
·       Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·       Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
·       Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
·       Mengamati gambar  yang diperlihatkan guru.
·       Membuat kalimat sederhana  yang tepat untuk setiap gambar.
·       Mengucapkan kalimat dengan intonasi dan lafal yang baik.

      Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa  Indonesia,
      IPS)
·       Melakukan gerakan tari sesuai dengan gerak yang telah ditentukan.
·       Melakukan gerakan tari yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya.
·       Menari sesuai dengan tepuk dan irama.
·       Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan
      teks percakapan sederhana.
·       Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
·       Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
·       Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
·       Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
·       Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
·       Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
·       Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
·       Menyebutkan bagian –bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
·       Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
·       Menggambar peralatan kebersihan, dengan cara menghubungkan titik-titik yang tertera pada lembar tugas.

Minggu ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·       Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan ciri-ciri musim hujan dan ciri-ciri musim kemarau.
·       Melalui diskusi sederhana siswa membandingkan ciri-ciri musim hujan dan musim kemarau terhadap lingkungan hidup manusia.
·       Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secar kelompok.
·       Melaporkan hasil diskusi.
·       Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan manfaat melaksanakan/ patuh pada peraturan yang berlaku.
·       Menyebutkan Manfaat patuh terhadap peraturan di rumah.
·       Menyebutkan manfaat patuh terhadap peraturan di lingkungan masyarakat.
·       Mencatat beberapa manfaat dari mematuhi peraturan.
·       Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·       Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
·       Menyebutkan ciri-ciri yang khusus p[ada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·       Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan
      teks percakapan sederhana.
·       Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
·       Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
·       Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
·       Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
·       Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
·       Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
·       Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan di dalam  rumah dan halaman rumah.
·       Menyebutkan bagian –bagian luar   rumah yang harus sering dibersihkan.
·       Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan luar rumah ( halaman)
·       Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·       Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
·       Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
·       Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.

Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika  )
·       Melalui pengamatan pada model siswa menyebutkan kegiatan manusia pada musim kemarau dan musim hujan.
·       Membandingkan kegiatan tersebut anatara kegiatan pada musim hujan maupun pkegiatan pada musim kemarau.
·       Menuliskan kegiatan siswa pada musim hujan dan kemarau.
·       Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang disukai.
·       Menyampaikan secara lisan alasan benda tersebut disukai.
·       Bertanya jawab tentang kesukaan  yang diminati siswa.
·       Menuliskan tentang kesukaan yang diminati siswa.
·       Menyatakan kalimat suka atau tidak suka pada suatu kegiatan atau benda.
·       Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·       Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
·       Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
·       Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.

Pertemuan ke empat  3  x 35 menit.  (B. Sunda,  B Indonesia, Matematika )
·       Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Pa, permios wangsul ti payun abdi rieut, dll)
·       Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
·       Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar