Kamis, 13 Oktober 2011

RPP Tematik Kelas I - Kegemaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Kegemaran (6)
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu

Standar Kompetensi :
1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 
                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.     
2. IPA              :  Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan                           
                                 perubahan   bentuk benda
3. PKN            :  Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang..
5. Bahasa Indonesia :
·       Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·       Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·       Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·       Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.     Seni Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni tari
                                                            Mengekpresikan diri melalui karya seni tari.
7.     Basa Sunda : Mampu mengungkapkan fikiran, perasaan, dan keinginan secara           
                           lisan dalam percakapan ( guneman ), permintaan izin, perkenalan  (ngawanohkeun) diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar bercerita.

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·       Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan  keluarga.

2. IPA :
·       Mengenal benda yang dapat  diubah bentuknya.
·       Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.

3.  PKN :
·       Melaksanakan tata tertib di  rumah dan di sekolah

4.  Matematika :
·       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
·       Mengelompokkan berbagai  bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola  dan kerucut )

5.     Bahasa Indonesia :
·       Membedakan bunyi bahasa.
·       Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·       Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
·       Membaca nyaring suku kata   dan kata dengan lafal yan tepat.
·       Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan  intonasi yang tepat.
·       Menjiplak berbagai bentuk    gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·       Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·       Mencontoh huruf , kata, atau  kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·       Melengkapi kalimat yang    belum selesai berdasarkan  gambar

6.     Seni Budaya dan Keterampilan :
·       Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan 
                        tinggi rendah.

7.     Basaha Sunda :
·       Menulis atau menyalin  huruf lepas 
·       Menulis kata dwisuku

Indikator  :
1.     IPS :
·       Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·       Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan

2.     IPA :
·       Merawat tanaman atau hewan peliharaan
·       Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
·       Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek

3.     PKN :
·       Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·       Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
·       Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib

4.     Matematika :
·       Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
·       Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan  tak baku.
·       Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.

5.     Bahasa Indonesia :
·       Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·       Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
·       Menjelaskan cara permainan dilakukan.
·       Bercerita berdasarkan gambar
·       Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·       Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
·       Menjiplak berbagai bentuk  gambar dan bentuk huruf.
·       Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·       Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·       Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
·       Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
·       Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·       Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.

6.     Seni Budaya dan Keterampilan. :
·       Menyebutkan jenis iringan tarian  dengan menggunakan alat musik perkusi
·       Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan

7.   Basa Sunda   :
·       Menulis / menyalin huruf lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
·       Menulis / menyalin huruf lepas yang konsonan.
·       Menulis / menyalin suku kata dan kata  dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung.
·       Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
·       Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte..

I.        Tujuan Pembelajaran  :
·       Siswa dapat mengidentifikasi hidup rukundantidak rukun.
·       Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
·       Siswa dapat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·       Siswa dapat menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.
·       Siswa dapat menjelaskan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·       Siswa dapat menjelaskan  manfaat mematuhi tata tertib dan akibat tidak mematuhinya.
·       Siswa dapat mengukur panjang dengan satuan tidak baku
·       Siswa dapat membandingkan dan menunjukkan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan tak baku.
·       Siswa dapat melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·       Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
·       Siswa dapat membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·       Siswa dapat membaca dengan tempat jeda pendek dan jeda panjang.
·       Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf dan gambar.
·       Siswa dapat menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·       Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai.
·       Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan gambar.
·       Siswa dapat menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
·       Siswa dapat menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
·       Siswa dapat memilih unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.
·       Siswa dapat menulis vokal e, e` dan eu  yang digabung dengan konsonan yang sama maupun yang berbeda.
·       Siswa dapat menuliskan kata yang dibangun dari dua suku  kata. ( kecap dwisusku)
II.      Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·       Peristiwa masa kecil
·       Hidup rukun dalam perbedaan.
·       Oprasi hitung bilangan.
·       Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
·       Pelafalan bunyi bahasa
·       Kalimat sapaan
·       Membaca kata dan kalimat.
·       Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
·       Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·       Gambar barang budaya/ alami.

III.  Metoda Pembelajaran :
·       Ceramah
·       Diskusi.
·       Tanya jawab.
·       Demontrasi.
·       Pemberian tugas.

IV.  Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
·       Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·       Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·       Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·       Melalui penjelasan guru dan peragaan, siswa menjelaskan cara merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·       Menjelaskan perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·       Menyebutkan kewajiban kita dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·       Menyebutkan manfaat  merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·       Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·       Melalui penjelasan guru dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa menyebutkan beberapa contoh tata tertib/ peraturan yang dibuat oleh orang tua  di rumah.
·       Menyebutkan beberapa contoh peraturan yang dilaksanakan di sekolah.
·       Menjelaskan manfaat dari mematuhi peraturan di rumah.
·       Melalui pengamatan dan demontrasi siswa mengenal  pengukuran dengan satuan tak baku.
·       Mengukur  panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku  jengkal.
·       Mencatat hasil pengukuran tiap benda dengan cermat sebagai bahan laporan.

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·       Melalui penjelasan guru dan pengamatan, siswa dapat melakukan penyampaian pesan dan menerima pesan yang disampaikan guru.
·       Menyimak pesan yang disampaikan guru agar tidak salah dalam pelaksanaanya.
·       Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya
·       Melalui penjelasan guru , siswa menceritakan pengalaman tentang hidup rukun.
  • Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
  • Mencatat ciri-ciri dari hidup rukun dan tidak rukun.
·       Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku telapak kaki.
·       Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.

Peretemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·       Melakukan pengamatan pada gambar atau model yang memeragakan macam-macam permainan yang biasa dilakukan anak-anak.
·       Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
·       Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
·       Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
·       Menjelaskan cara permainan dilakukan.
·       Bercerita berdasarkan gambar
·       Mengukur benda / tempat dengan satuan tak baku langkah kaki.
·       Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·       Memperhatikan kumpulan kalimat yang membentuk wacana pendek di papan tulis.
·       Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·       Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar