Kamis, 13 Oktober 2011

RPP Tematik Kelas I - Diri Sendiri


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Diri Sendiri
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 
                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.        
2. IPA              :  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara 
                           perawatannya.
3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·  Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·  Berbicara         :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
·  Membaca         :  Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·  Menulis            :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.     Seni Budaya dan Keterampilan  :
·  Mengapresiasi karya seni rupa.
·  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
7.     Basa Sunda : Mampu menyimak ( ngaregepkeun ) memahami, serta menanggapi berbagai  
                            jenis bunyi bahasa ( sora basa ), dongeng, dan perintah (parentah)  sederhana.

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·       Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.

2. IPA :
·       Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

3.  PKN :
·       Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

4.  Matematika :
·       Membilang banyak benda .
·       Mengurutkan banyak benda.

5.  Bahasa Indonesia :
·       Membedakan bunyi bahasa.
·       Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·       Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·       Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·       Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6.     Seni Budaya dan Keterampilan :
·       Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·       Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..

7.     Basa Sunda :
·       Menyimak dan membedakan bunyi.

Indikator  :
1.     IPS :
·       Menyebutkan nama  lengkap dan panggilan besreta usia.
·       Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
·       Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.

2.     IPA :
·       Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·       Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·       Menunjukkan cara merewat tubuh.
·       Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.

3.     PKN :
·       Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·       Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·       Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.

4.     Matematika :
·       Menyebutkan banyak benda.
·       Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·       Membaca dan menulis lambing bilangan.
·       Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·       Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·       Membilang loncat 2, 3, dan 4.

5.     Bahasa Indonesia :
·       Mencocokkan gambar dengan informasi.
·       Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·       Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·       Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·       Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda.
·       Menyebutkan nama anggota

6.     Seni Budaya dan Keterampilan. :
·       Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·       Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.

7.   Basa Sunda   :
·       Membunyikan suara e`, e, dan eu dalam berbagai kata.
·       Membedakan suara vocal e`, e, dan eu.
·       Menunjukkan suara e`, e, dan eu pada kata dengan tepat.

I.   Tujuan Pembelajaran  :
·       Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada  di rumahnya.
·       Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
·       Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·       Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
·       Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·       Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
·       Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·       Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
·       Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·       Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·       Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·       Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·       Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·       Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·       Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·       Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·       Siswa dapat menyalin/mencontoh  huruf, suku kata dan kata.
·       Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·       Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.
·       Siswa dapat membunyikan, membedakan, dan menunjukkan vocal e`,e dan eu pada berbagai kata.

II.      Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·       Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
·       Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·       Hidup rukun dalam perbedaan
·       Oprasi hitung.
·       Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·       Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·       Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
·       Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·       Membuat karya kerajinan .
·       Kata-kata yang menggunakan vocal e`, e dan eu
·       Nama benda yang menggunakan vocal e`, e , dan eu.

III.     Metoda Pembelajaran :
·       Ceramah
·       Diskusi.
·       Tanya jawab.
·       Demontrasi.
·       Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
·       Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·       Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·       Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu I
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·       Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
·       Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
·       Menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh
·       Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
·       Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
·       Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
·       Mengamati benda yang diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-manik, pensil, dll )
·       Mengamati benda yang ada di sekeliling siswa  ( meja, buku, tas, dll )
·       Membilang benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
·       Menyimpan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
     
      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·       Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
·       Menyanyikan lagu  “pergi sekolah “
·       Menceritakan dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
·       Melakukan tanya jawab  tentang  persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
·       Mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
·       Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.
·       Menyebutkan keuntungan kita mempunyai identitas diri.
·       Membilang benda yang diamati . secara individual dan klasikal.
·       Melakukan penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5
·       Menyebutkan bilangan yang tepat sesuai dengan banyak benda
·       Mengisi  soal yang berkaitan dengan banyak benda.

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·       Memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
·       Secara bergiliran memperkenalkan diri.
·       Menghitung beda pada gambar/ model dengan jumlah benda  1 – 10.
·       Menyebutkan jumlah banyak benda 1 – 10.
·       Meletakkan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
·       Seorang siswa meletakkan benda  dan siswa lain menyimpan kartu  bilangan yang tepat

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·       Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
·       Mengungkapkan deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.
·       Contoh :  Bentuknya panjang , digunakan untuk menulis, bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.
·       Mencoba untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
·       Mengamati manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 – 15.
·       Menghitung banyak benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
·       Menyebutkan bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak benda.
·       Menyimpan kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
·       Menuliskan lambing bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·       Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal e` ( letah, teko, peci, toke, dll) 
·       Menirukan kata –kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal e ( cepil, jempol, gelas, dll )
·       Menirukan kata-kata ynag diucapkan guru yang mengandung vocal eu.
      ( ceuli, peureup, beubeur, dll )
·       Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara  e`, e, dan eu
·       Meletakkan kartu huruf e`, e, dan eu pada kata yang belum sempurna berdasarkan pada pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.
·       Membacakan kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya dengan lafal yang tepat.
·       Mengamati dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
·       da jumlahnya untuk menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.
·       Membilang tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
·       Menyebutkan bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
·       Membandingkan jumlah benda dan menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak pada kedua kelompok benda tersebut.
·       Melakukan hal sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
·       Melakukan pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
·       Menyanyikan lagu “ Dua mata saya “
·       Menyebutkan nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
·       Menyebutkan nama anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
·       Menunjukkan dan menyebutkan nama  anggota tubuh melalui tubuh temannya.
     
      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·       Mengenal titik sebagi awal sebuah gambar.
·       Menggabungkan beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan titik-titik yang berderet.
·       Membuat garis lurus, garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.
·       Membuat  aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung ) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
·       Membuat gambar yang berunsur garis.
·       Mengamati gambar anggota tubuh
·       Menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
·       Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.

Minggu  ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·       Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
·       Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
·       Menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh
·       Menjelaskan kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
·       Mengamati gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.
·       Meletakkan kartu yang bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan
Pada kartu yang bertuliskan kegunaanya.
·       Mengamati banyak benda yang disediakan guru.
·       Membilang benda tersebut dengan jumlah berfariasi. ( 11 – 20 )
·       Menyebutkan nama bilangan sesuai dengan banyak benda.
·       Membandingkan kembali dua kelompok benda yang berbeda jumlahnya.
·       Menjelaskan bahwa dua kumpulan benda tersebut lebuh banyak atau lebih sedikit atau sama banyak.
·       Menyebutkan nama teman yang berjenis kelamin laki –laki dan perempuan.
·       Memberikan contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan..
·       Melakukan diskusi sederhana tentang kegiatan yang dapat dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan.
·       Mengambil kesimpulan bahawa hak dan kewajiban laki-laki sama, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan sebagai kodrat.

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·       Menyimak tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
·       Membuat bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.
·       Memperhatikan lembar tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang benar.,
·       Menjiplak  berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.
·       Menceritakan alamat rumah dan alamat sekolah
·       Menceritakan kegiatan sebelum pergi ke sekolah.
·       Menjelaskan manfaat  mempunyai alamat  tempat tinggal
·       Menceritakan keadaan sekolah, jarak, dan suasana di sekolah.
·       Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
·       Menuliskan di udara bentuk bilangan 1 sampai 10.
·       Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
·       Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
·       Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilanagn dan membacanya secara 
      individual dan klasikal.

Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )
·       Menyimak uraian tugas yang disampaikan guru,
·       Memperhatikan Lembar tugas yang diberikan  guru, yang harus dilakukan adalah menebalkan bentuk, garis, lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
·       Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
·       Menuliskan di udara bentuk bilangan 11 sampai 20 .
·       Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
·       Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
·       Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilangan  dan membacanya secara 
      individual dan klasikal.
·       Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu.
      ( ceuli, peureup, beubeur, dll )
·       Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara  e`, e, dan eu.
·       Membedakan suara e`, e dan eu pada kata dengan cara menyimpan kartu huruf dengan tepat.
·       Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
·       Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·       Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas a, i,  dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
·       Menebalkan bentuk huruf lepas  a , i  dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
·       Membaca huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan.
·       Membaca lambang bilangan 1 – 10  yang di perlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
·       Membaca lambang bilangan  11 – 20 yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
·       Membaca lambang bilangan 1- 20 yang diperlihatkan guru melalui kartu huruf secara acak.
·       Menyimpan kartu bilangan sesuai dengan yang diucapkan guru..
·       Mengambil kartu bilangan sesuka hati lalu membacanya.
·       Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·       Meletakkan kartu huruf e`, e, dan eu pada kata yang belum sempurna berdasarkan pada pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.
·       Membacakan kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya dengan lafal yang tepat.
·       Mengambil kartu huruf dan membacanya dengan lafala e`, e, dan eu dengan tepat
secara individual maupun klasikal.
·       Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu.
      ( ceuli, peureup, beubeur, dll )
·       Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara  e`, e, dan eu.
·       Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
·       Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
·       Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
·       Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terkecil.
·       Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
·       Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
·       Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d    dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
·       Menebalkan bentuk huruf lepas  e , o, m , n, b , d  dengan posisi duduk dan memegang alat   tulis yang baik.
·       Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah dipelajari.
     
      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·       Melakukan percobaan untuk mengenal warna dasar, dengan menggunakan cat air, spidol, pensil warna.
·       Mewarnai lingkaran, persegi dan segi tiga dngan warna dasar yang berbeda.
·       Mewarnai gambar benda alam dengan warna yag sesuai.
·       Mewarnai gambar benda lain dengan warna yang sesuai.
·       Mengenal warna lain selain warna dasar.
·       Menyalin / mencontoh huruf, suku kata dan kata yang mengandung huruf a, I, u, e, o , m, b, d,  dan n, b, d
·       Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan guru.
·       Membaca huruf, suku kata dan kata yang ditulis.

     Minggu ke 3
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·       Mengamati model/ gambar anggota tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar