Jumat, 14 Oktober 2011

RPP Tematik Kelas 2 Semester 2 - Budi Pekerti


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Budi Pekerti
Kelas 2 Semester 2
Alokasi waktu 2 minggu

I.Standar Kompetensi


Bahasa Indonesia

·       Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
·       Berbicara          : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan  
                                  mendeskripsikan benda
·       Menulis             : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar
                                  dan menyalin puisi anak.

PKN

·       Memahami sikap demokratis
·       Menampilkan nilai-nilai pancasila.

Basa Sunda

·       Membaca
      Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai jenis dan bentuk wacana            
       tulis dengan membaca nyaring, kakawihan dan dongeng.
·       Berbicara
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan tentang
      bertamu ke rumah teman, mengajak teman, berjanji dengan teman, memperkenal-
      kan orang lain dan mengundang teman.
·       Menyimak
Mampu menyimak, menyebutkan dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan tentang tata tertib belajar, cara hidup sehat, dongeng serta kakawihan.
·       Menulis
Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis karangan.

II.  Kompetensi Dasar


Bahasa Indonesia

·       Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
·       Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·       Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.

 

 



 

PKN

·       Mengenal kegiatan bermusyawarah
·       Menghargai suara terbanyak.
·       Menampilkan sikap mau menerima kekalahan.
·       Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

Basa Sunda

·       Melaksanakan perilaku jujur, disiplin, dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari.
·       Membaca nyaring.
·       Membaca wacana kakawihan.
·       Membaca dongeng.
·       Memperkenalkan teman.
·       Menyimak tatacara dan tata tertib belajar.
·       Menyempurnakan kalimat.


III.    Indikator


Bahasa Indonesia

·       Mencatat isi pesan.
·       Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·       Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·       Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.

PKN

·       Menyebutkan cara bermusyawarah yang benar.
·       Mengerjakan tugas dengan cara berkelompok.
·       Membiasakan melakukan musyawarah dalam kegiatan sehari-hari.
·       Membiasakan menghargai pendapat orang lain dalam suatu diskusi.
·       Menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan dan suara terbanyak.
·       Membiasakan untuk bersikap lapang dada.
·       Menyebutkan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menjelaskan cara dan manfaat hidup jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

Basa Sunda

·       Dapat membaca dengan nyaring dan lancar.
·       Dapat membaca atau menyanyikan kakawihan.
·       Mengambil intisari dari kakawihan.
·       Dapat membaca dongeng dengan nyaring dan lancar.
·       Dapat memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
·       Membuat teks percakapan dengan tema memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
·       Menyimak bacaaan dengan seksama.
·       Membuat kalimat atau karangan sederhana berdasarkan gambar.
·       Menyempurnakan kalimat dengan menggunakan huruf kapital.


IV. Tujuan Pembelajaran

PKN

·       Memahami dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
·       Memahami dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
·       Membiasakan untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
·       Merasakan manfaat hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang dada dan senang bekerja.

Bahasa Indonesia

·       Memahami sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan maupuntulisan.
·       Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
·       Membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.

Basa Sunda

·       Dapat membaca bacaan dengan nyaring dan lancar dengan memperhatikan intonasi yang benar (dapat berupa dongeng).
·       Dapat membaca atau menyanyikan kakawihan dan mengambil intisari dari kakawihan tersebut.
·       Dapat memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri baiklisan maupun tulisan.
·       Dapat membuat kalimat atau karangan sederhana berdasarkan gambar.
·       Menyempurnakan kalimat dengan menggunakan huruf kapital.


V.   Materi Pelajaran


PKN

·       Musyawarah.
·       Menghargai pendapat orang lain dan hasilkeputusan bersama.
·       Sikap lapang dada.
·       Nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja.

Bahasa Indonesia

·       Menyampaikan pesan pendek.
·       Menyalin kalimat.
·       Menulis karangan / puisi.

Basa Sunda

·       Membaca
·       Kakawihan
·       Dongeng.
·       Memperkenalkan teman
·       Membuat kalimat
·       Menyempurnakan kalimat.


VI. Metode

·       Bahasa Indonesia
·       Demontasi
·       Penugasan
·       Kuis
·       Tanya jawab
·       PKN
·       Ceramah
·       Tanya jawab
·       Diskusi
·       Penugasan
·       Pembiasaan
·       Basa Sunda
·       Ceramah
·       Tanya jawab
·       Penugasan
·       Sosio drama

VI.          Langkah-langkah Pembelajaran


Pertemuan ke I (Bahasa Indonesia, PKN, Basa Sunda).  5 x 35’

  1. Kegiatan awal
·       Membaca do’a dan mengabsen siswa, merapihkan tempat duduk.
·       Menginformasikan materi yang akan disampaikan.

  1. Kegiatan inti
·       Guru mendiktekan isi pesan.
·       Siswa mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang didiktekan guru.
·       Siswa mencatat isi pesan yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
·       Guru memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
·       Guru atau murid membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar dengan memperhatikan tanda baca.
·       Siswa menjawab pertanyaan bacaan baik lisan maupun tulisan.
·       Guru membacakan cerita yang bertemakan musyawarah kemudian menceritakan secara global.
·       Siswa ditugasi mendiskusikan suatu permasalahan secara berkelompok untuk diminta suatu keputusan atas kesepakatan bersama.
·       Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
·       Guru mengambil sebuah kesimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan.
·       Siswa membaca secara bergilir dengan tema yang berhubungan dengan budi pekerti dan dibacakan lancar serta nyaring.
·       Mengambil intisari dari bacaan tersebut dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan bacaan tersebut.
·       Guru membacakan dan menyanyikan kakawihan yang bertemakan budi pekerti dan siswa menirukannya.
·       Siswa dapat mengambil intisari dari isi kakawihan tersebut.

  1. Kegiatan akhir
·       Penilaian pekerjaan siswa secara tertulis.
·       Tanya jawab materi yang telah disampaikan.
·       Pemberian tugas (PR, Portofolio).

  1. Penilaian
·       Jenis test : tertulis, lisan.
·       Bentuk test : PG, isian, essay, portofolio.



VIII. Alat dan Sumber
·       Buku paket dari berbagai penerbit.
·       Lingkungan.
·       Media cetak dan elektronik.
·       Kreatifitas guru dan siswa.

Pertemuan kedua (B. Indonesia, PKN, Basa Sunda).  5 x 35 ‘

  1. Kegiatan awal
·       Membaca do’a dan mengabsen siswa.
·       Merapihkan tempat duduk.
·       Mengadakan pre test materi yang telah disampaikan.

  1. Kegiatan inti
·       Guru membagi beberapa kelompok (5 orang /kelompok).
·       Siswa maju ke depan untuk menerima pesan beraantai dari guru.
·       Siswa menuliskan pesan tersebut (dilakukan sampai habis kelompok).
·       Guru memberikan kesimpulan sebagai penguatan dan melakukan penilaian.
·       Guru mengadakan sebuah diskusi untuk membicarakan sesuatu (tema ditentukan).
·       Siswa mengikuti diskus tersebut dengan harapan belajar membiasakan menghargai pendapat orang lain dan menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan suara terbanyak dalam suatu diskusi.
·       Guru menyimpulkan hasil diskusi sebagai penguatan.
·       Siswa membacakan sebuah dongeng dengan lancar dan memperhatikan intonasi yang benar.
·       Tanya jawab sekitar dongeng yang dibacakan untuk diambil intisari yang baik dari lakon, cerita dan karakter dalam dongeng tersebut.
·       Siswa ditugaskan untuk membuat dongeng atau mencari dongeng dari berbagai media lain.

  1. Kegiatan akhir
·       Penilaian hasil kerja siswa baik per kelompok maupun perorangan.
·       Pemberian tugas dan portofolio.
  1. Penilaian
·       Jenis test : Tertulis, lisan, perbuatan.
·       Bentuk test : Isian, essay, skala sikap, portofolio.
·       Instrumen :
- Pesan berantai  :
        1. anak yang baik selalu patuh dan taat kepada orang tua.
        2. jasa orang tua tidak akan terbalaskan, dst.

      - Diskusi tentang menentukan tempat yang akan dijadikan kunjungan belajar.
      - Membaca dongeng
1.     menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.
2.     membuat dongeng versi anak

Pertemuan  ketiga

  1. Kegiatan awal
·       Berdo’a dan mengabsen siswa.
·       Bercerita yang ada hubungan dengan materi yang akan diajarkan.

  1. Kegiatan inti
·       Guru menulis kalimat dengan menggunakan huruf cetak.
·       Siswa menyalin kalimat tersebut kedalam huruf tegak bersambung.
·       Penilaian hasil pekerjaan siswa dengan memperhatikan hurup besar dan tanda baca.
·       Bercerita yang ada hubungan dengan sikap lapang dada.
·       Siswa menanggapi dari cerita tersebut dengan bertanya jawab untuk mengungkapkan pendapatnya.
·       Menyebutkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja berikut contoh-contohnya.
·       Menceritakan akibat yang dirasakan dari sikap-sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
·       Mengisi skala sikap yang diberikan guru.
·       Guru memberikan contoh cara memperkenalkan diri.
·       Siswa mempraktekan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
·       Siswa membuat percakapan dengan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
·       Guru menilai hasil kerja siswa.

  1. Kegiatan akhir
·       Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
·       Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
·       Memberikan tugas atau PR

  1. Penilaian
·       Jenis test : tertulis, lisan, perbuatan
·       Bentuk test : isian,essay, skala sikap, portofolio.
·       Instrumen :
·       Salin ke dalam hurup sambung
      -  Ibu guru sedang menasehati murid kelas dua.
- Ayah dan ibu sangat menyayangi kita, dst.
- Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam cerita itu.
- Sikap menerima, tabah, dan sabar disebut sikap…….,dst.
- Arman : “ Di, abdi gaduh rerencangan”.
Dodi    : “ saha namina ?.
Arman : “ sok wae dodi kenalan nyalira”.
Dodi    : “………………….”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar