Jumat, 14 Oktober 2011

RPP Tematik Kelas 2 - Diri Sendiri

Tema  Diri Sendiri ( 1 )
Kelas  2 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn                                    
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS                                     
·       Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA                                     
·      Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika                       
·       Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia               

Mendengarkan                 
·       Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                         
·       Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                         
·       Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                            
·        Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Rupa                   :  Mengapresiasi karya seni rupa.         
  • Seni Tari                     :  Mengapresiasi karya seni tari
7.  Bahasa Sunda                   
  • Mampu menulis, mengungkapkan fikiran , perasaan, dan keinginan, secara tertulis dalam  berbagai bentuk dan jenis karangan ( tulisan ) dengan menulis kalimat berhuruf capital ( aksara  gede), wacana pendek, kalimat sederhana dan menyempurnakan kalimat dengan menggunakan  tanda koma dan tanda titik.
  • Mampu menyimak, menyebutkan dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan tentang tata tertib, cara hidup sehat, dongeng serta kakawihan.
  • Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai jenis dan bentuk wacana tulis ( teks)  dengan membaca nyaring, membaca kakawihan, membaca dongeng

Kompetensi Dasar  :

1.   PKn
  • Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.

2.   IPS
  • Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
  • Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis

3.   IPA
·       Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
  • Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar

4.   Matematika
·       Membandingkan bilangan 1 sampai 500
  • Mengurutkan bilangan sampai 500
5.     Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
  • Mendeskripsikan isi puisi
·       Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·       Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·       Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·       Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·       Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·       Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
  • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
  • Mengidentifikasi gerak alam semesta
7.    Basa Sunda
·       Menyimak tata cara atau tata tertib belajar
·       Menulis kalimat berhuruf capital

Indikator  :

1.     PKn :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
2.   IPS :
·       Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·       Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
·       Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·       Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.   IPA  :

·       Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·       Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·       Menjelaskan sifat benda padat
·       Menjelaskan sifat benda cair.

4.    Matematika  :

·       Menentukan bilangan 1 samapai 500
·       Menentukan bilangan lebih besar.
·       Menentukan bilangan lebih kecil.
·       Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
·       Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·       Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·       Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·       Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·       Menyebutkan pengertian bilangan genap.
·       Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
·       Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·       Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
·       Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.

5. Bahasa Indonesia  :

·       Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·        Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·       Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·       Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·       Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·       Mendeklamasikan puisi
·       Menjelaskan isi puisi
·       Memperagakan percakapn
·       Membuat percakapan.
·       Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
·       Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·       Membaca teks dengan bersuara.
·       Mengajukan pertanyaan bacaan,
·       Menceritakan kembali isi bacaan.
·       Membaca puisi
·       menceritakan isi puisi..
·       Melengkapi cerita
·       Menyusun kalimat  menjadi cerita
·       Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·       Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·       Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
6     Seni Budaya dan Keterampilan  :
·       Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·       Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·       Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·       Memilih objek benda alam yang menarik.
·       Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·       Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·       Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·       Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
7.   Basa Sunda    :
·       Nyebutkeun tata cara tata/ tertib diajar di sakola.
·       Mere conto tata cara / tat tertib diajar  di imah.
·       Nepikeun tanggapan ngenaan manfaat tatacara / diajar di sakola jeung di imah.
·       Ngawasa pasangan aksara leutik jeung aksara gede dina wangun aksara tulis- ajeg – nyambung.
·       Nulis/ nyalin kalimah nu make aksara gede dina wangun aksara tulis- ajeg- nyambung.
·       Ngomean kasalahan nulis.

I.    Tujuan Pembelajaran  :
                        Siswa dapat  :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
·       Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·       Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
·       Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·       Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
·       Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·       Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·       Menjelaskan sifat benda padat
·       Menjelaskan sifat benda cair.
·       Menentukan bilangan 1 samapai 500
·       Menentukan bilangan lebih besar.
·       Menentukan bilangan lebih kecil.
·       Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
·       Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·       Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·       Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·       Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·       Menyebutkan pengertian bilangan genap.
·       Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
·       Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·       Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
·       Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
·       Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·        Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·       Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·       Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·       Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·       Mendeklamasikan puisi
·       Menjelaskan isi puisi
·       Memperagakan percakapn
·       Membuat percakapan.
·       Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
·       Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·       Membaca teks dengan bersuara.
·       Mengajukan pertanyaan bacaan,
·       Menceritakan kembali isi bacaan.
·       Membaca puisi
·       menceritakan isi puisi..
·       Melengkapi cerita
·       Menyusun kalimat  menjadi cerita
·       Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·       Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·       Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·       Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·       Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·       Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·       Memilih objek benda alam yang menarik.
·       Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·       Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·       Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·       Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
·       Nyebutkeun tata cara tata/ tertib diajar di sakola.
·       Mere conto tata cara / tat tertib diajar  di imah.
·       Nepikeun tanggapan ngenaan manfaat tatacara / diajar di sakola jeung di imah.
·       Ngawasa pasangan aksara leutik jeung aksara gede dina wangun aksara tulis- ajeg – nyambung.
·       Nulis/ nyalin kalimah nu make aksara gede dina wangun aksara tulis- ajeg- nyambung.
·       Ngomean kasalahan nulis.




II.      Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :

·       Hidup gotong royong.
·       Dokumen pribadi dan keluarga
·       Manfaat dokumen.
·       Bagian utama tumbuhan dan hewan
·       Sifat benda
·       Bilangan 1 – 500
·       Mengurutkan bilangan.
·       Mendengarkan teks pendek.
·       Deskripsi puisi.
·       Percakapan]
·       Puiai
·       Membaca teks pendek.
·       Menjelaskan isi puisi
·       Melengkapi kalimat.
·       Menulis.
·       Unsur rupa
·       Gerak alam semesta.
·       Ngaregepkeun tata cara diajar.
·       Nulis kalimat make huruf gede.

III.     Metoda Pembelajaran :
·       Ceramah
·       Diskusi.
·       Tanya jawab.
·       Demontrasi.
·       Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :

A.  Kegiatan awal :
·       Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·       Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·       Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :

     

Minggu ke 1

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia, B. Sunda )

·       Mengamati bilangan yang ditulis di papan tulis dari bilangan 1 sampai 500.
·       Siswa membaca bilangan dengan tepat.
·       Melalui pemberian tugas siswa dapat menentukan anatara bilangan lebih besar dan lebih kecil.

·       Menyimak teks pendek yang dibacakan guru.
·       Melakukan tanya jawab tentang isi teks pendek yang dibacakan guru.
·       Menceritakan kembali isi teks pendek dengan  bahasa sendiri.

·       Siswa bisa nyebutkeun tat cara atawa tata tertib diajar di sakola.
·       Guru mere conto tata cara atawa tata tertib diajar di imah.

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit  ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)

·       Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan simbul <, >, =
·       Siswa dapat membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.

·       Siswa dapat mendeskripsikan isi puisi dengan menafsirkannya menggunakan bahasa sendiri
·       Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang telah dibacakan.

·       Melalui Tanya jawab siswa dapat menjelaskan tentang dokumen pribadi.
·       Menyebutkan jenis – jenis dokumen pribadi dan keluarga.

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia, B. Sunda )

·       Siswa dapat membandingkan dua  kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari  dan kurang dari.

·       Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar dengan teliti.
·       Siswa mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Siswa dapat menbaca kalimat percakapan dan melakukan percakapan di depan teman lainnya.

·       Siswa bisa nyebutkeun tat cara atawa tata tertib diajar di sakola.
·       Guru mere conto tata cara atawa tata tertib diajar di imah.

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  ( B. Indonesia,IPA,  PKn )

·       Dengan penuh percaya diri siswa dapat membuat kalimat percakapan bersama-sama.
·       Dengan penjelasan guru siswa dapat memberikan tanggapan terhadap cerita teman.

·       Melalui pengamatan dan percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan.


·       Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun.
·       Siswa dapat memahami cara hidup bergotong royong.



      Pertemuan ke lima  3  x 35 menit ( B.Indonesia, IPS,  Matematika )

·       Siswa mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang wajar dengan gerakan tubuh dan mimik yang tepart.
·       Siswa membaca teks pendek dengan susra yang nyaring ( terdengar oleh orang lain)

·       Siswa melakukan tanya jawab tentang teks yang telah dibaca.
·       Melalui penugasan siswa menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·       Siswa dapat memperlihatkan contoh akte kelahiran dan kartu keluarga.

·       Melalui penugasan dari guru siswa dapat menulis bilangan dengan tepat.
·       Siswa menulis bilangan secara urut dari 1 – 500.


      Pertemuan ke enam  3 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, B.   
     Indonesia, IPS )

  • Siswa menyebutkan bilangan dari 1 – 500  secara urut secara klasikal.
  • Secara individual siswa membaca bilangan 1-500

  • Melalui pengamatan pada model dan percobaan sedrhana siswa dapat menyebutkan bagian utama hewan.

  • Siswa menjelaskan  mengenai unsur seni rupa .
  • Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan jenis bidang dan bentuk.


Minggu ke 2


    Pertemuan pertama  3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, B. Sunda )

·       Dengan penjelasan guru siswa dapat menyebutkan pengertian bilangan genap.
·       Siswa dapat mengelompokkan bilangan yang termasuk bilangan genap.

·       Siswa dapat menyusun percakapan dan memberikan  tanggapan terhadap cerita teman.
·       Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan.
·       Membaca puisi dan menceritakan isi puisi secara individual.

·       Siswa bisa nepikeun tanggapan ngenaan manfaat tata cara diajar di imah jeung di sakola.







      Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )

·       Guru menjelaskan tentang pengertian bilangan ganjil.
·       Siswa dapat menyebutkan b10 bilngan ganjil dengan benar.

·       Siswa dapat mengajukan pertanyaan dari bacaan teks  yang telah dibacakan
·       Siswa disuruh membacakan teks pendek secara kelompok.

·       Secara individual siswa menceritakan pengalaman / peristiwa yang berkesan pada waktu kecil.
·       Siswa menuliskan riwayat keluarganya.

    Pertemuan ke tiga a   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, B. Sunda )

·       Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
·       Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.

·       Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
·       Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.

·       Siswa nepikeun tanggapan tata cara ketertiban di imah di hereupeun babaturanana.
·       Siswa nuliskeun 5 manfaat tata cara tertib  di imah 


     Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (B. Indonesia, PKn, IPA )

·       Siswa menyimpulkan isi teks pendek dari 10 – 15 kaliamt
·       Menjelaskan cerita yang didenagr dari guru/ orang lain.

·       Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh hidup rukun.

·       Siswa dapat menyebutkan bagian utama dari tumbuhan yang ada di lingkungan rumah.
·       Guru menjelaskan bagian –bagian dari tumbuhan secara keseluruhan .

     Pertemuan ke lima    3  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, Matematika )

·       Siswa dapat menyusun kalimat menjadi sebuah cerita yang baik.
·       Siswa melengkapi sebuah cerita yang belum sempurna.

·       Siswa membawa dokumen berupa foto-foto kegiatan masing-masing.
·       Guru menjelaskan cara memelihara dokumen pribadi

·       Guru menjelaskan perbedaan bilangan genap dan bilangan ganjil.


 Pertemuan ke enam   3  x 35 menit  (Matematika, Seni Budaya dan Keterampilan, IPA )

·       Secara klasikal siswa menyebutkan bilangan genap
·       Siswa  individual siswa menyebutkan bilangan genap.

·       Siswa menyebutkan ciri-ciri benda padat dengan jelas.
·       Siswa menjelaskan sifat benda padat dari hasil yang telah dijelaskan oleh guru.

·       Siswa menjelaskan bentuk ritme dengan keseimbangan kesatuannya.
·       Siswa dapat mengelompokkan berbagai ukuran yang telah ditentukan baik bintik, garis maupun bidang warna.


Minggu ke 3

     Pertemuan pertama    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, B. Sunda )

·       Siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49.
·       Siswa secara klasikal menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49

·       Siswa menuliskan kalimat sederhana dengan mengguankan huruf sambung.
·       Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan oleh guru.

·       Siswa bisa nyieun pasangan aksara leutik jeung gede
·       Siswa bisa nyoieun aksara gede jeung leutik ku tulisan anu bener.

Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )

·       Melalui penguasaannya siswa mampu mengulang bilangan 1 – 500 dengan diucapkan.
·       Denagn penulisan secara berulang siswa dapat menuliskan bilangan ganjil dengan berurut dari terkecil ke terbesar dan sebaliknya.

·       Menulis kalimat dengan mengguanakn huruf sambung
·       Menyimak dan menuliskan kalimat dikte dengan memperhatikan huruf besar dan tanda baca.

·       Melalui diskusi siswa menyampaiakan pendapat
·       Dengan pendapatnya masing-masing siswa memberi komentar .

     Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, B. Sunda)
   
·       Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
·       Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.


·       Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
·       Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.

·       Siswa nepikeun tanggapan tata cara ketertiban di imah di hereupeun babaturanana.
·       Siswa nuliskeun 5 manfaat tata cara tertib  di imah 

     Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, B. Sunda)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar